tetangga yang baik

kknm.unpad.ac.id

Sebagai makhluk sosial, manusia tidak dapat hidup sendiri, kita akan selalu membutuhkan dan dibutuhkan oleh orang lain terutama oleh orang-orang dilingkungan kita atau yang biasa kita kenal dengan tetangga. Menjalin hubungan yang harmonis dan rukun dengan tetangga akan membuat kita merasa aman dan nyaman. Karena suatu saat jika kita membutuhkan bantuan, tetangga kita akan membantu dengan senang hati.

Sebagai warga yang tinggal disuatu masyarakat yang hidup bertetangga. Kita mesti jadi tetangga yang baik dan bermanfaat untuk tetangga kita. Berikut ini 10 kita menjadi tetangga yang baik.

1. Jangan mencampuri masalah pribadi tetangga

Setiap orang tentu memiliki masalah pribadi sendiri, untuk itu sebaiknya kita jangan mencampuri masalah pribadi tetangga. Cukup bersikap baik dan ramah serta menghargai privasi tetangga, maka kita akan dengan mudah hidup rukun dan harmonis berdampingan dengan tetangga tanpa timbul kecurigaan.

2. Ciptakan suasana yang bersahabat

Senyuman yang hangat dan sapaan ramah kita kepada tetangga ketika bertemu dapat menciptakan suasana yang bersahabat. Jika ada tetangga baru, kita bisa menyapa serta memperkenalkan diri atau hanya sekedar memberikan informasi terkait kegiatan rutin di lingkungan.

3. Hindari Membuat Kebisingan

Jika kita sedang melakukan hal yang berkaitan dengan kebisingan, semisal mendengarkan musik atau bermain mesin, sebaiknya dengan volume yang tidak mengganggu tetangga sebelah, demi kenyamanan dan ketenangan tetangga kita. Karena tidak semua orang suka dengan suara yang terlalu bising. Jikalau kita ingin mengadakan pesta yang didalamanya ada dentuman musik, sebaiknya kita meminta ijin terlebih dahulu dengan tetangga sekitar. Sehingga akan tercipta suasa rukun, harmonis dan saling menghargai antar tetangga di lingkungan.

4. Jaga Kebersihan lingkungan

Setiap orang pada dasarnya menyukai lingkungan yang bersih, sebagai tetangga yang baik sebaiknya kita turut serta menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar. Hal ini dapat memberikan rasa nyaman dalam rumah dan memberikan kesan yang baik kepada tetangga. Selain itu Anda juga berperan aktif dalam kebersihan lingkungan disektiar anda dengan ikut serta dalam kerja bakti.

5. Bersikaplah ramah

Meski kita belum terlalu kenal akrab dengan tetangga, sikap ramah sangat diperlukan untuk menjalin kerukunan dan keharmonisan, meski kita hanya memberikan senyuman dan sapaan kecil namun setidaknya sudah membuka diri dan bersikap ramah kepada mereka. Karena bagaimanapun juga mereka tinggal di sekitar rumah kita, dan akan ikut waspada ketika terjadi sesuatu di rumah kita.

6. Ciptakan rasa tenggang rasa

Tenggang rasa diperlukan agar kita juga dapat merasakan apa yang dirasakan oleh tetangga kita. Apabila kita tidak suka diganggu saat istirahat, ya kita jangan mengganggu orang lain pada waktu istirahat. Perlakukanlah tetangga sebagaimana kita mau diperlakukan.

7. Adakan acara pesta kecil

Jika kita mencapai suatu keberhasilan entah dengan karir, sekolah, atau kelahiran, Sesekali perlu untuk mengadakan pesta kecil bersama tetangga. Hal ini diperlukan untuk saling mengenal dan saling berkomunikasi, dan mempererat hubungan yang baik dan harmonis dengan tetangga.

8. Menjaga keamanan lingkungan

Sebagai tetangga yang baik kita harus turut berperan aktif menjaga keamanan lingkungan. Kita perlu mengikuti kegiatan ronda yang rutin di adakan di lingkungan kita. Apabila tidak ada kegiatan ronda atau kita tidak dapat mengikuti kegiatan ronda, kita tetap bisa berperan aktif menjaga lingkungan. Untuk menambah keamanan lingkungan, kita dapat menyarankan agar tetangga  menggunakan aplikasi mobile yang diperuntukan untuk menjaga lingkungan, misalnya seperti aplikasi Panic Button, Kentongan, atau aplikasi yang disediakan oleh pemerintah setempat. Dengan aplikasi tersebut Anda tetap terhubung dengan warga lainnya untuk menjaga keamanan lingkungan.

9.Jangan segan meminta bantuan

Mintalah bantuan anda kepada tetangga jika kita mengalami kesulitan semisal bertanya bagaimana cara memperbaiki mobil, memilih pembantu yang bagus, renovasi rumah, kegiatan kerja bakti, resepsi pernikahan, atau dalam kegiatan lain.

10. Ikuti Rapat

Usahakan setiap ada ada kegiatan dilingkungan kita seperti Rapat RT, Rapat lingkungan, acara tujuhbelasan, atau rapat untuk membahas pembangunan selokan. Kita perlu untuk turut berpartispasi didalamanya. Walaupun kita tidak mempunyai kewenangan dalam merumuskan kebijakan di lingkungan, kehadiran kita di kegiatan tersebut akan memberikan kesan yang baik kepada tetangga-tetangga.

Itulah 10 cara yang dapat dipraktekkan untuk menjadi tetangga yang baik bagi orang lain. Tetangga merupakan orang-orang yang tinggal di sekitar rumah kita, dan mereka adalah saudara-saudara terdekat kita yang akan turut membantu dikala kita menghadapi masalah.

Informasi terkait:

  • Tidak ada informasi terkait