pos ronda

Sumber Foto : Kentongan

Sebagai warga yang baik dilingkungan kita, sudah selayaknya kita mengikuti setiap kegiatan yang diadakan oleh lingkungan atau RT kita. Salah satu kegiatan yang biasa dilakukan oleh masyarakat adalah ronda malam atau siskamling(sistem keamanan  lingkungan). Kegiatan ronda ini biasa diadakan sesuai dengan jadwal yang telah disepakati bersama, biasanya setiap keluarga mengirimkan satu anggota keluarganya yang layak untuk mengikuti ronda, bisa kepala keluarganya maupun anaknya yang memang sudah layak. Ronda malam dilakukan dengan terjadwal, masing-masing personil biasanya mendapat jatah sehari dalam seminggu. Tujuan dari kegiatan ini untuk menjaga  keamanan lingkungan agar tidak terjadi hal-hal yang menimbulkan keresahan didalam masyarakat, seperti halnya pencurian, perampokan, ataupun kerusuhan. Dalam setiap  ronda sering kita jumpai aktivitas seru yang biasa dilakukan para petugas ronda, aktivitas tersebut biasanya untuk mencairkan suasana. Berikut beberapa aktivitas seru yang biasa dilakukan saat ronda malam.

Moment bersosialisasi dengan warga yang lainnya

Karena terlalu banyak kesibukan disiang hari, terkadang kita jarang bertemu dan berbincang dengan tetangga maupun warga sekitar kita. Ronda malam adalah moment yang pas untuk kita bercengkrama dalam suasana keakraban sehingga bisa menjadi sarana memperat tali silaturahmi dengan tetangga kita.

Makanan dan minuman yang melimpah

Biasanya sebelum para petugas ronda keliling kampung,mereka akan berkumpul dulu di pos ronda.  Di pos ronda tidak lengkap jika tidak ada makanan dan minuman. Karena ronda malam identik dengan begadang maka kopi dan kacang adalah minuman dan makanan favorit bagi para petugas ronda.

Api unggun dan kegiatan lain yang bisa dilakukan

Salah satu kebiasaan yang biasa dilakukan di ronda malam adalah membuat api unggun disekitar pos ronda.  Api unggun ini biasa dilakukan untuk menghangatkan suasana malam yang dingin maupun sebagai penanda jika lingkungan kita sedang ada ronda malam. Sambil menunggu giliran kelliling kampung, banyak kegiatan yang biasa dilakukan petuga ronda seperti main karambol, main catur maupun sekedar ngobrol ringan.

Patroli Keliling lingkungan

Kegiatan ronda malam tidak hanya berdiam diri di pos ronda, namun juga melakukan patroli secara bergilir di lingkungan tersebut, misal setiap satu jam sekali melakukan patroli secara bersama-samas dengan berjalan keliling rumah.setiap group berkeliling rumah dengan area yang berbeda-beda. Patroli ronda malam tidak hanya sekedar berkeliling namun juga memastikan setiap rumah dalam keadaan aman. Selama keliling biasanya petugas ronda menggunakan kentongan sebagai penanda patroli.

Iseng dan nakal itu pasti ada

Selama melakukan tugas ronda, terkadang kita menemui hal keisengan seperti mengerjai teman yang tidur di pos ronda, menakuti teman yang dianggap penakut. Keisengan itu biasa dilakukan untuk mencarikan suasana agar tidak terlalu tegang saat bertugas.

Demikianlah beberapa aktivitas seru yang biasa dilakukan saat ronda malam, kalau ada inspirasi lain boleh di bagikan disini melalui kotak komentar.

 

Informasi terkait: