Promosi Bisnis Baru Telur Asin

Sumber : Metropolitan.id

Mempunyai bisnis baru usaha telur asin merupakan tantangan tersendiri bagi calon enterpreneur atau pengusaha telur asin. Terlebih lagi bagi para pelaku UMKM di masyarakat yang ingin membuat home industri produksi telur asin. Promosi bisnis baru telur asin yang sedang dirintis kepada masyarakat luas dapat dikatakan sebagai “babat alas” atau kalau dalam bahasa Indonesia sebagai “membuka hutan”.

Proses babat alas ini tidaklah mudah, penuh dengan riset dan promosi. Mungkin bagi para marketing master di perusahaan besar, hal ini hanya semacam kelas kuliah untuk riset ilmu baru, akan tetapi bagi masyarakat kalangan bawah di daerah-daerah yang sedang ingin membangun Usaha Mikro Kecil dan Menengah telur asin, bisa jadi masih buta dengan ilmu marketing ini, karena biasanya hanya berfokus pada produksi.

Produksi Telur Asin Cenderung Mudah

Cara produksi telur asin ini cenderung mudah, hanya bermodalkan telur bebek mentah, batu bata yang telah dihaluskan, dan garam kasar (krosok) yang berharga murah. Bisnis telur asin dapat dimulai dengan mencoba beberapa telur bebek terlebih dahulu, seperti 25 butir atau 50 butir yang telah dibersihkan.

Kemudian adonan serbut batu bata, yang dicampur dengan garam krosok, ditambahkan sedikit air hingga menjadi seperti adonan, setelah itu telur dibalut menggunakan adonan tadi, dan diletakkan selama kurang lebih 14 hari atau 2 minggu. Setelah waktunya tiba, telur buka, dibersihkan, kemudian dikukus selama 2 jam.

Disini belum kami bahas tentang produksi telur asin ini secara detail, Anda dapat mencari komposisi bahan yang tepat di berbagai literatur lain di internet. Disini kami akan bahas untuk promosi bisnis telur asin baru para pelaku UMKM.

Mengandalkan Promosi Bisnis Baru secara Online ?

Promosi online saat ini adalah promosi yang ditawarkan mempunyai harga paling murah, dan mempunyai cakupan pasar sangat luas. Berbagai pelatihan marketing menjanjikan hasil yang sangat banyak dari marketing online ini. Namun bagaimana cara dan step secara detail untuk melakukan marketing online ini belum banyak yang tahu, terlebih para pelaku UMKM.

Promosi Online memang dapat menjangkau seluruh dunia, namun apakah bisnis telur asin yang sedang dirintis memiliki cakupan yang luas ? tentu saja belum. Para pelaku UMKM baru ini hanya membutuhkan promosi pada tingkat RT, desa dan kecamatan sebagai permulaan.

Marketing online dengan menulis blog gratis kadang akan dirasa sebagai penipuan. Menulis promosi di domain berbayar, mungkin mereka belum sepenuhnya paham tentang hal ini. Menyewa marketing online untuk melakukan hal ini tentu pilihan yang sangat sulit karena akan meningkatkan pengeluaran.

Lantas apakah yang harus dilakukan ? apakah dengan promosi bisnis baru secara offline ?

Bisa jadi promosi offline akan lebih tertarget untuk segmentasi dan ruang lingkup yang kecil. Untuk UMKM atau home industry mikro telur asin, promosi dari mulut ke mulut dan selebaran merupakan cara yang umum dilakukan. Ataupun dengan keliling ke jalan-jalan dan gang-gang sekitar agar tetangga mengetahui bisnis telur asin baru yang sedang dimulai.

Cara Ampuh dan Gratis Promosi Bisnis Baru

Sebenarnya saat ini sudah ada cara yang paling jitu untuk mempromosikan usaha baru UMKM dengan cara yang canggih, hemat biaya, dan tepat sasaran. Caranya adalah dengan melalui aplikasi Android yang bernama Kentongan. Aplikasi Kentongan ini secara mendasar adalah digunakan untuk keakraban interaksi dan keamanan antar warga dalam satu lingkungan Rukun Tetangga (RT) ataupun perumahan. Akan tetapi aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur jualan untuk meningkatkan produktifitas masyarakat.

Melalui aplikasi Kentongan, pengguna dapat mempromosikan usaha atau bisnis UMKM mereka baik itu barang maupun jasa secara gratis. Dengan cakupan area satu lingkungan RT, jadi bisa dipastikan seluruh warga di RT akan tahu. Selain itu, cakupan lebih luas adalah dalam lingkup kecamatan. Pelaku UMKM dapat mempromosikan bisnis mereka dalam lingkup kecamatan secara gratis. Sangat mudah dan tepat sasaran bagi para pelaku UMKM.

Segera pasang aplikasi Kentongan, dan mulailah kembangkan bisnis baru yang sedang dirintis boleh tentang telur asin ataupun yang lain, promosikan dagangan baru Anda, layanan baru Anda yang terbaik. Misalkan warung makan Anda tersedia menu baru, atau ada baju model baru, bisa jadi Anda melayani jasa pijat, atau les privat. Semuanya dapat dipromosikan dengan mudah dan gratis melalui aplikasi Kentongan.

 

Informasi terkait: