ios-logo1

Sumber Foto : Kentongan

Perkembangan aplikasi digital sekarang ini semakin cepat. Berbagai macam inovasi dalam pengembangan aplikasi digital sudah semakin beragam baik aplikasi yang berbasis Android maupun berbasis iOS.kedua platform yang sampai hari ini masih merajai teknologi digital di dunia. Setiap aplikasi  yang dikembangakan mempunyai berbagai macam tujuan, baik tujuan komersil maupun tujuan sosial. Salah satu aplikasi yang mungkin jarang kita temui adalah aplikasi untuk masalah kependudukan. Karena mungkin masalah kependudukan bukan sesuatu yang populer dikalangan para penikmat gadget. Memang aplikasi tentang kependudukan mempunyai tujuan dan market pasar yang berbeda. Aplikasi-aplikasi ini dikembangakan sebagai wujud peran serta warga negera dalam memecahkan masalah di masyarakat dan mencari solusinya.

Salah satu solusi yang dikeluarkan oleh para penggian IT adalah dengan mengeluarkan aplikasi mobile dengan sebuah sistem yang dapat membantu kinerja pemerintah maupun pelayanan ke masyarakat. Selain dari penggiat IT solusi juga banyak dikeluarkan dari para pakar ekonomi, sosial, ilmu hukum dan para pakar di bidang masing-masing, kesemuanya bersatu padu untuk mencari solusi permasalahan penduduk.

Era Modern

Karena di era modern ini teknologi sudah semakin berkembang. Peluang para penggiat IT sangatlah luas termasuk dalam berperan mengentaskan permasalahan penduduk yang dialami oleh warga. Masalah kependudukan ini bukan hanya lingkup nasional, akan tetapi sampai hal yang paling detail dalam skala RT dan Desa. Aplikasi Android dan iOS pun bermunculan dan berlomba-lomba untuk menyelasaikan permasalahan kependudukan. Posyandu online, lapor ke polisi,  serta pelaporan ke pemerintah seperti Qlue yang telah diterapkan di Jakarta Smart City juga merupakan salah satu solusi dari permasalah kependudukan.

Baca juga : Aplikasi Android Gratis untuk Sejuta Ummat

Aplikasi iOS Gratis Kependudukan

Pengguna iPhone dan iPad di Indonesia kian hari kian bertambah, dikarenakan kestabilan perangkat ini dan faktor prestige juga mempengaruhi lakunya gadget ini di Indonesia. Salah satu aplikasi iOS yang turut serta menyelesaikan permasalahan kependudukan adalah Kentongan. Aplikasi iOS gratis ini dirancang khusus untuk membantu kerja Ketua RT dalam pendataaan Penduduk

Data-data di Kentongan ini divalidasi oleh Ketua RT sehingga data yang dimasukkan akan dapat dipastikan kebenarannya. Warga juga dapat secara mandiri memantau RT, melengkapi biodata pribadi dan keluarga, serta memberikan informasi masukan, keluhan, ataupun saran untuk kemajuan RT.

Fungsi dasar Kentongan sebagai penyebar informasi tanda bahaya juga ada di aplikasi ini. Apabila terjadi kebakaran, pencurian, kecelakaan, atau bencana alam Anda dapat segera memberitahu seluruh tetangga Anda dalam satu RT hanya dengan sebuah tombol sehingga tidak perlu lagi teriak-teriak ataupun mengeluarkan banyak tenaga.

 

Informasi terkait: