1851556Ilustrasi-curi-mobil780x390

Gambar hanyalah ilustrasi

Jaman sekarang pencuri itu sudah tidak pandang bulu. Banyak pelaku yang semakin nekat seperti mencuri di siang bolong, ataupun mencuri di area terbuka. Tim Kentongan banyak berinteraksi dengan para pengguna aplikasi kentongan. Tidak sedikit dari mereka yang bercerita tentang pengalaman mengapa memilih menggunakan Kentongan. Sebuah kisah yang diceritakan oleh salah satu Ketua Lingkungan Perumahan yang sekarang telah menggunakan aplikasi Kentongan untuk keamanan lingkungan. Nama dan lokasi tidak dapat kami sebutkan. beberapa bagian cerita sudah mengalami pengubahan dari editor tanpa mengubah alur cerita.

Pada suatu saat saat beliau pulang dari bekerja. Sore hari tetangga nya seorang ibu-ibu ada yang membuka obrolan. “Pak, tadi ada kejadian di daerah sini.”, kata ibu tersebut memulai obrolan. “Oh, Kejadian apa Bu ?”, Ketua lingkungan tersebut bertanya. Dengan suara khas ibu-ibu perumahan, ibu itu mulai bercerita. “Tadi siang sewaktu penghuni kompleks sedang pada bekerja, termasuk suami saya. Saya sedang ada di kamar di lantai 2, melihat keluar melalui jendela ada beberapa orang yang mencurigakan di sekitar rumah. Saya masih terus mengamati apa yang mereka cari, ternyata mobil tetangga kita yang sedang diparkir di pinggir jalan menjadi sasaran. Pintu mobil mulai diutak atik, di benak saya ingin saya laporkan ke satpam, tapi saya tidak punya nomornya satpam kita. Aku hanya bisa melihat dan berdoa semoga pencurian nya gagal. Dan syukurlah mobil tidak jadi terambil.”

Sang ketua lingkungan dengan bijaksana menanggapi dan hal ini akan di bahas di pertemuan rutin penghuni kompleks perumahan. “Oke bu terima kasih sekali, nanti akan kita bahas masalah ini di pertemuan rutin sambil saya cari-cari solusi nya.”, tukas Ketua Lingkungan. Tak berselang lama berfikir mulailah beliau mencari literatur di internet tentang keamanan lingkungan yang tentu saja dengan biaya yang paling murah. Akhirnya ditemukanlah aplikasi yang bernama Kentongan. “Ini kayaknya cocok ini, besok pas pertemua lingkungan coba aku bahas”, Ketua lingkungan mulai mendapatkan solusi.

Pada waktu pertemuan berlangsung aplikasi Kentongan ini di kenalkan kepada seluruh warga dan security / satpam. Warga menyambut dengan bagus dan mulailah Ketua Lingkungan mewajibkan untuk memasang aplikasi Kentongan kepada seluruh warga kompleks terutama security / satpam. Untuk detail penggunaan juga sudah ditanyakan ke Tim Kentongan sembari menceritakan kisah ini. Sang Ketua Lingkungan merasa lebih aman dengan adanya aplikasi kentongan ini. “Jika terjadi kejadian serupa, sekarang tidak ada lagi kesulitan melaporkan, tinggal tekan saja tombol tanda bahaya, maka seluruh warga termasuk satpam akan mendapatkan notifikasi. Lokasi dan alamat kejadian juga dapat dilihat  sehingga satpam dapat segera bertindak. Warga lagin juga bisa segera lapor ke polisi. Lingkungan kita sekarang lebih aman.”. Ketua lingkungan memberikan kesimpulan dari pertemuan rutin dan dibalas dengan penuh kebanggaan dari warga.

Semoga sedikit kisah tersebut dapat menjadi pelajaran bagi kita semua bahwa keamanan adalah faktor dasar kebutuhan manusia. Yang mana keamanan itu tidak harus selalu dibayar dengan mahal, akan tetapi keamanan dapat diwujudkan dengan kebersamaan, dengan rasa persatuan dan kepedulian. Mari bersama-sama kita bergandengan tangan dengan tetangga untuk menjaga keamanan lingkungan demi kenyamanan tempat tinggal kita.

Informasi terkait: