Keamanan Lingkungan
1 April 2016

Keamanan Lingkungan

Sumber Foto : www.hariandepok.com

Kemanan lingkungan merupakan salah satu faktor utama kenyamanan sebuah masyarakat. Dengan lingkungan yang aman maka penduduk akan merasa tentram dan tidak was-was. Sehingga hubungan kemaysarakatan akan berlangsung dengan baik dan tenang. Keamanan lingkungan bukan hanya dijaga oleh satpam ataupun penjaga ronda, akan tetapi seluruh anggota masyarakat bertanggung jawab untuk ikut serta menjaga keamanan lingkungan.

Faktor-faktor Keamanan Lingkungan

Keamanan lingkungan didasari oleh beberapa faktor. Keamanan lingkungan yang dimaksud haruslah termasuk dalam beberapa hal berikut ini :

1. Keamanan Eksternal

Keamanan dari eksternal adalah rasa aman yang dirasakan oleh warga suatu lingkungan terhadap ancaman-ancaman dari luar. Ancaman ini dapat berupa orang-orang asing ataupun binatang. Orang-orang asing dapat diatasi dengan adanya satpam gerbang, apabila di perumahan biasanya hal ini sudah tidak perlu diresahkan karena akses keluar masuk lingkungan hanya melewati satu pintu dan penjaga 24 jam. Ancaman external dari binatang biasanya dialami oleh lingkungan yang berada di lereng gunung atau kaki gunung, tepi hutan atau pun di dekat tempat-tempat yang dihuni binatang. Untuk hal ini perlu adanya pengamanan dengan membuat pagar atau tembok pembatas yang melindungi lingkungan warga.

2. Keamanan Internal

Keamanan ini adalah rasa aman dari ancaman-ancaman internal, seperti keributan warga, ada warga lingkungan yang mabuk-mabuk an dan bikin onar, atau hal-hal yang disebabkan oleh masyarakat dalam sendiri. Keamanan internal ini bisa diatasi dengan adanya pemimpin lingkungan / Ketua RT yang tegas dalam membuat peraturan. Tentu saja dengan dukungan elemen masyarakat yang masih ingin maju dan ingin memertahankan keamanan lingkungannya. Pemimpin yang tegas tidak akan banyak bermanfaat tanpa didukung oleh warga yang mempunyai satu visi dan satu tujuan untuk membentuk lingkungan yang lebih baik.

Baca Juga : Kentongan, Aplikasi Android gratis untuk sejuta umat

3. Keamanan keselamatan

Keamanan keselamatan merupakan salah satu elemen keamanan lingkungan. Keselamatan terhadap anak-anak kecil yang bermain bebas, yaitu jauh dari jalan raya yang ramai kendaraan besar. Keselamatan diri dan keluarga dari ancaman perampok ataupun keselamatan dalam menjalani kehidupan sehari-hari juga perlu diperhatikan oleh suatu lingkungan. Taman bermain haruslah aman, dan pagar pelindung dari pencuri dan perampok harus dipastikan aman dan selalu dalam kondisi baik.

Baca juga : Saran Aplikasi Untuk Lingkungan

4. Keamanan mengungkapkan pendapat

Sebagai bagian dari negara demokrasi, tentulah setiap orang bebas untuk berpendapat, dengan pendapat yang dapat dipertanggungjawabkan dan pendapat yang tidak mengusik kenyamanan warga lain. Jaminan kemanan dalam mengungkapkan pendapat adalah kebutuhan setiap warga demokrasi. Tindakan otoriter dari salah seorang warga atau suatu kelompok tidak boleh terjadi disini sehingga masyarakat yang heterogen dapat berjalan dengan serasi sesuai dengan cara pandang masing-masing. Adat istiadat dan kearifan lokal memang harus dijaga, akan tetapi kebebasan mengungkapkan pendapat yang dapat dipertanggungjawabkan dan pendapat yang tidak mengusik warga lain memang perlu. Sehingga tidak terjadi bullying terhadap salah satu golongan atau salah satu individu.

Rasa aman dan nyaman pastilah diinginkan oleh setiap orang. Maka kita jalin bersama-sama dan kita jaga bersama-sama keamanan lingkungan. Pemasangan cctv di lingkungan RT merupakan salah satu langkah pengawasan yang modern. Dan teknologi smartphone untuk membantu keamanan lingkungan RT juga sudah ada, Anda dapat menggunan aplikasi Kentongan dengan fitur tanda bahaya untuk turut serta menghiformasikan ke masyarakat lain apabila terjadi suatu hal yang tidak diinginkan sehingga masyarakat dapat mendapatkan informasi lebih dini.

 

Informasi terkait: