20160308_144425

Sumber Foto : Kentongan

Pada tanggal 8 Maret 2016, Tim Kentongan mengunjungi Balaikota Jakarta tepatnya di kantor Jakarta Smart City  untuk keperluan meetup acara #BIJAK, atau Bicara Jakarta. Acara ini diikuti oleh para pemenang Hackathon Merdeka 2 dan 3 beserta para tamu meetup yang telah mlakukan registrasi secara online sebelumnya. Acara ini diselenggarakan atas kerjasama dari Pemerintah Daerah DKI Jakarta dan Code4Nation yang diusung oleh Ainun Najib.

Disini acara terbagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama yaitu pada siang hari, pemenang Hackathon Merdeka melakukan presentasi di depan para perwakilan dari SKPD di DKI Jakarta selama 5 menit. Setelah itu masin-masing tim melakukan meeting untuk pembahasan lebih lanjut dengan SKPD terkait. Disini Tim Kentongan mendapatkan kesempatan untuk meeting dengan SKPD Kependudukan DKI Jakarta yang diwakili oleh Bapak Burhan.

Setelah selama hampir 60 menit berbicara mengenai permasalahan kependudukan di Jakarta yang coba disolusikan dengan menggunakan Aplikasi Kentongan. Permasalahan kependudukan di Jakarta sangatlah kompleks. Mulai dari para pendatang, penghuni apartemen, dan orang-orang yang belum mempunyai KTP Jakarta, serta pembagian wilayah RT yang belum merata. Diskusi ini ditemani juga oleh Paw (perwakilan dari Jakarta Smart City) dan Juan (perwakilan dari Code4Nation).

Jakarta Smart City

Jakarta sedang melakukan boosting pada program smart city. Smart city disini adalah pengolahan pemerintahan dan segala kegiatan di Jakarta dipantau dan ditangani secara smart melalui pusat monitoring di kantor JSC. Jakarta Smart City merupakan sebuah platform yang mana aplikasi-aplikasi lain dapat menggunakan platform ini, terutama para startup. Jakarta juga menggandeng Qlue sebagai media pelaporan masyarakat Jakarta yang langsung dipantau dari kantor JSC.

Smart City merupakan sebuah terobosan smart e-goverment yang sangat baik, dan kepedulian pemerintahan Jakarta terhadap para startup lokal dapat dilihat dari keinginan pemerintah DKI Jakarta untuk menggandeng banyak startup-startup baru yang sedang tumbuh untuk dapat berkolaborasi bersama demi kemajuan Jakarta.

Meetup #BIJAK (Bicara Jakarta) ini dilakukan pada pukul 18.00 WIB dan sampai pada pukul 20.00 WIB. Meetup ini banyak dihadiri dari para praktisi programming, startup, dan tamu undangan. Semoga program Smart City Jakarta ini dapat diterapkan di tempat-tempat lain sehingga pengolahan dan pemantauan kota dapat dilakukan dengan cepat, dan akurat.

Informasi terkait: