20130629_204115

Sumber Foto : Kentongan

Pemilihan Ketua RT kadang menjadi event yang mengesankan. Setiap daerah pasti mempunyai cara yang berbeda-beda untuk kegiatan ini. Tetapi tujuannya tetaplah sama yaitu mencari sosok terbaik yang dipandang layak untuk memimpin lingkungan RT menjadi lebih baik. Pribadi yang diusung-pun merupakan orang-orang yang mempunyai pengaruh untuk menggerakkan warga dan mempersatukan warga, serta mempunyai visi dan misi serta program kerja yang mantab.

Hal Menarik dalam Pemilihan Ketua RT

Ada beberapa hal menarik dalam pemilihan ini, seperti biasanya ada orang yang ngotot dan sangat berambisi untuk menjadi Ketua RT. Akan tetapi ada pula yang sesungguhnya merupakan sosok yang dinantikan warga akan tetapi tidak mau untuk menjadi Ketua RT. Ada pula biasanya calon yang tidak terpilih akan tetapi menjadi pencapir atau menjadi oposisi. Walaupun RT adalah pemerintahan dan politik tingkat paling bawah, tetapi sudah dapat membuat berbagai respon dari bermacam-macam orang.

Syarat-syarat Calon Ketua RT

Seperti syarat-syarat untuk menjadi pemimpin, Ketua RT pun juga harus memenuhi syarat yang telah ditetapkan oleh warga. Walaupun setiap daerah da wilayah memiliki standar persyaratan yang berbeda-beda, tetapi pada dasarnya semuanya akan sama, yaitu mempunyai pandangan dan rencana untuk dapat membawa kehidupan RT menjadi lebih baik.

1. Sehat Jasmani, Rohani, Psikologi, dan Sehat Ekonomi

Syarat kesehatan untuk menjadi pemimpin sangatlah penting, bukan hanya kesehatan jasmani atau fisik, tetapi juga sehat secara rohani, psikologi, dan sehat secara ekonomi. Kesehatan jasmani adalah sehat secara fisik, tidak cacat ataupun mempunyai kekurangan. Ketua RT sebisa mungkin harus mempunyai pancaindra yang bekerja normal.

Sehat secara rohani diartikan merupakan penganut agama yang baik. Apabila dia seorang muslim maka haruslah yang rajin sholat di masjid, apabila dia seorang kristiani maka haruslah yang rajin beribadah di gereja. Setiap warga pasti sudah dapat menilainya karena hal ini sangat krusial. Pemimpin yang tidak taat beragama cenderung akan mempunyai pemikiran yang tidak terkontrol karena tidak memiliki landasan yang baik.

Sehat psikologi merupakan syarat utama. Sehat jasmani dan rohani belum tentu juga mempunyai kesehatan psikologi yang baik. Kesehatan psikologi merupakan kestabilan emosi dan ketenangan berfikir. Ketua RT yang emosinya tidak stabil akan cenderung mudah terpancing amarah dan memberikan keputusan yang kurang bijaksana.

Kesehatan ekonomi juga menjadi faktor yang penting. Calon Ketua RT bukanlah orang yang terlilit hutang ataupun sedang mengalami kebangkrutan. Karena untuk menutup kemungkinan penyalahgunaan dana kas RT untuk keperluan yang bukan merupakan keperluan RT.

Informasi terkait: