bisnis

Sumber Foto : Kentongan

Saat ini merupakan era mobile, yaitu  zaman smartphone sudah menjadi kebutuhan primer untuk sebagian besar manusia. Hampir setiap orang akan memiliki smartphone, baik itu Android, iOS pada iPhone atau iPad, atau mungkin juga Blackberry. Semua orang membutuhkan akses komunikasi yang cepat dan smart.

Karena smartphone sudah digunakan oleh sebagian besar manusia, hal ini mempunyai dampak yang signifikan terhadap interaksi manusia di masyarakat. Cara interaksi ini merupakan perkembangan dari komunikasi menggunakan handphone (HP). Dengan menggunakan HP manusia yang semula berbicara secara langsung dengan tatap muka dapat menggunakan saluran telepon atau pesan singkat SMS (Short Message Service) melalui HP. Kemudian hal ini berkembang menjadi WhatsApp, BBM, Line, dan sebagainya pada media smartphone.

Cara berkomunikasi di masyarakat pun juga mengalami perubahan. Komunikasi sekarang lebih banyak menggunakan smartphone terutama Android, walaupun di beberapa daerah masih menggunakan handphone tetapi di daerah-daerah pedesaan pun sekarang sudah mulai menjamur para pengguna Android. Tentu teknologi ini pun akan menjadi seperti pedang bermata dua, di lain sisi akan sangat menguntungkan, di lain sisi dapat merugikan bagi kehidupan manusia. Hal tersebut tergantung dari bagaimana kita mengolah dan menggunakan teknologi tersebut.

Android Masuk Desa

3_cara_mengatasi_kelambatan_sistem_ponsel_android_150812_0Bukan hanya dari masyarakat perkotaan, dari masyarakat pedesaan pun sekarang sudah banyak pengguna Android aktif, walau sebagian besar hanya dari rentang umur tertentu. Walaupun usia sudah tua, tidak sedikit yang masih tetap gesit mengikuti perkembangan teknologi dan tetap dapat mengikuti arus. Hal ini sangat diperlukan sekali untuk pengawasan penggunaan smartphone pada anak.

Sebagian besar pengguna Android merupakan usia produktif di bawah 40 tahun. Usia yang paling banyak adalah antara usia 15 – 39 tahun. Anak SMP saja sekarang sudah pada bawa Android untuk komunikasi dan bermain game. Tentu saja hal ini juga ada dampak positif dan negatif nya.

Apabila Anda adalah seorang orang tua, alangkah baiknya apabila tetap mengerti dan belajar dengan hal ini, agar dapat melakukan monitoring penggunaan Smartphone pada buah hati, karena apabila tidak dikontrol dan dipandu dikhawatirkan akan berdampak buruk bagi perkembangan anak, seperti jarang bersosialisasi dengan tetangga, gila game, atau hal yang cenderung pada pornografi.

Komunikasi Masyarakat dengan Android

Sekarang dalam satu Rukun Tetangga biasanya sudah ada group sendiri, baik itu di BBM, WhatsApp, atau di Facebook untuk persebaran informasi. Hal tersebut merupakan salah satu optimalisasi teknologi untuk mendukung komunikasi antar warga. Sekarang sudah banyak dikembangkan aplikasi-aplikasi media sosial, chatting dengan fitur group yang dapat dijadikan sebagai forum warga. Banyak dari perangkat desa dan aparatur pemerintahan desa baik itu Kadus, RW, dan Ketua RT sudah menggunakan Android.

Android memang lebih familiar di kalangan masyarakat Indonesia karena mungkin dari sisi ekonomis yang lebih murah dan terdapat banyak varian. Hal ini didukung dengan banyak sekali vendor, merek, seri, dan berbagi macam pilihan Smartphone Android di pasaran. Untuk mendapatkan smartphone Android ini pun banyak mempunyai varian harga, mulai dari kelas menengah kebawah dibawah 1 juta rupiah, sampai kelas “darah biru” dengan harga lebih dari 10 juta rupiah. Semua pilihan tersebut tentunya disesuaikan dengan kebutuhan konsumen.

Saran Aplikasi

Untuk berkomunikasi antar warga masyarakat dalam sebuah lingkungan, kami menyarankan Anda  menggunakan aplikasi-aplikasi berikut ini untuk dipasang di smartphone Android Anda.

1. Chatting Group

Chatting group digunakan untuk komunikasi secara forum dan cepat untuk seluruh warga. Anda dapat menggunakan aplikasi seperti WhatsApp, BBM Group, Telegram. Dengan aplikasi-aplikasi ini segala informasi yang membutuhkan respon cepat dapat dilontarkan, dan akan ditanggapi dengan cepat oleh anggota group.

2. Info Page

Info page diperlukan untuk memberitahukan kepada masyarakat luar tentang informasi kegiatan-kegiatan yang ada di lingkungan Anda, seperti kabar tentang kerja bakti, fogging pemberantasan demam berdarah, atau adanya lomba-lomba dan jalan sehat, sehingga semua orang dapat melihat aktifitas dari lingkungan Anda. Untuk aplikasi info page ini Anda dapat menggunakan Facebook Fans Page. Dengan FB Fans Page ini Anda juga dapat melihat berapa orang yang menyukai lingkungan Anda, dan dapat diberikan dokumentasi berupa foto atau video.

Selain menggunakan Facebook Fans Page, Anda juga dapat menggunakan media website untuk informasi resmi mengenai lingkungan tempat tinggal Anda. Website disini dapat berupa blog yang dibangun menggunakan Blogger, atau WordPress.

3. Internal Manajemen

Selain group chat dan halaman Facebook, Anda juga memerlukan aplikasi untuk manajemen internal lingkungan, seperti untuk informasi pengolahan kas, informasi kegiatan, dan laporan dari warga ke ketua lingkungan atau ketua RT. Aplikasi yang disarankan adalah “Kentongan”, Kentongan dapat diunduh melalui Google Play Store atau AppStore. Untuk informasi lengkapnya dapat melalui http://kentongan.org

Semoga saran aplikasi dari kami dapat memajukan lingkungan Anda. Akan sangat membanggakan apabila banyak dari warga masyarakat Indonesia menjadi lebih smart dalam bertetangga.

Informasi terkait: