20160222_102532

Sumber Foto : Kentongan

Pada hari ini sosialisasi Kentongan kembali dilakukan. Kali ini bertempat di desa Nglegi, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Sosialisasi Kentongan ini dimaksudkan agar masyarakat desa Nglegi menjadi lebih mengoptimalkan teknologi smartphone yang dimiliki. Sosialisasi ini dihadiri oleh seluruh Kepala Dukuh di Desa Nglegi. Akan tetapi sosialisasi kali ini tidak dapat didampingi oleh Kepala Desa Nglegi yaitu Bapak Arifin, dikarenakan beliau sedang ada keperluan pemerintahan di luar wilayah. Sehingga tim Kentongan didampingi oleh Bapak Arif yang mewakili.

Tanggapan dari Bapak Arif dan seluruh Kepala Dukuh sangat baik, berbagai pertanyaan disampaikan agar implementasi ke warga dapat dilakukan, rencana untuk pelatihan juga sudah mulai diwacanakan. Para aparatur Desa Nglegi merupakan orang-orang yang welcome dengan perubahan, dan mereka sangat ingin apabila teknologi dapat dioptimalkan oleh masyarakat desa. Walaupun Desa Nglegi merupkan area pegunungan akan tetapi ketersediaan akses internet baik itu WiFi ataupun paket data dari operator sangatlah baik. Ditambah dengan semangat untuk maju dari warga merupakan pendukung utama implementasi Kentongan di Desa Nglegi.

Sosialisasi dilakukan dari jam 10.15 s/d 11.00. Sosialisasi ini merupakan pengenalan Kentongan ke perangkat desa sebagai wakil dari masyarakat yang mana diharapkan akan disambung dengan pelatihan untuk tingkat yang lebih spesifik yaitu RT. Kami berharap agar Kentongan dapat diterapkan hingga ke masyarakat desa di Yogyakarta pada khususnya, dan di seluruh Indonesia pada umumnya.

Dengan sosialisasi ke masyarakat desa akan perlunya teknologi dalam interaksi masyarakat, tentu saja masyarakat kota tidak boleh ketinggalan dengan masyarakat desa. Masyarakat perkotaan yang notabene lebih open terhadap teknologi haruslah lebih gesit dalam menanggapi adanya aplikasi baru yang bermanfaat untuk masyarakat. Kami berusaha untuk memajukan desa akan tetapi area perkotaan juga tidak boleh lengah.

Kentongan dapat diaplikasikan di seluruh warga desa maupun perkotaan dengan bermodalkan Android atau iPhone dan koneksi internet. Diharapkan agar seluruh lapisan masyarakat mendapatkan manfaat dari aplikasi Kentongan ini. Silakan download Aplikasi yang sangat berguna untuk Ketua RT dan warga ini langsung dari Google Playstore atau dari AppStore. Anda juga dapat mengunjungi website resmi Kentongan di http://kentongan.org kemudian tekan menu Download.

Mari kita majukan RT dan warga kita dengan teknologi. Kentongan, Cara smart bertetangga.

Informasi terkait: