rusunawa_dabag-01

Sumber Foto : Kentongan

Rumah susun banyak dijumpai di kota-kota besar. Rumah susun adalah versi low end dari apartemen dan diperuntukkan bagi masyarakat menengah kebawah. Kehidupan warga di rumah susun sangat beragam, akan tetapi lebih cenderung kepada kehidupan sosial masyarakat kota. Sebagian besar warga penghuni rumah susun adalah karyawan kantor, yang mana pergi bekerja di pagi hari dan pulang di sore atau malam hari.

Hal seperti ini menyebabkan keakraban antar warga rumah susun dengan pengelola berlangsung kurang intens, yang tak jarang hal ini menjadi sumber permasalahan. Beberapa permasalahan sederhana tetapi perlu penanganan segera seperti hal berikut.

Susahnya mengumpulkan warga

Warga Rumah Susun

Warga Rumah Susun

Mengumpulkan warga di rumah sisin tidak semudah mengumpulkan warga di desa. Kesibukan masing-masing warga yang berbeda-beda menjadikan “waktu” sebagai salah satu permasalahan terbesar. Terbatasnya akses komunikasi seperti gonta-ganti nomor HP dari warga, menjadikan pengurus atau pengelola merasa kesulitan untuk memberikan pengumuman agar warga berkumpul untuk membahas suatu kebijakan atau peraturan baru. Hal ini dirasakan oleh beberapa pengurus rumah susun di Yogyakarta.

Informasi terkait: