maxresdefault

Sumber Foto : ARSIP KEMENTERIAN PERTANIAN RI di youtube.com

Arsip merupakan hal yang penting dalam sebuah organisasi. Termasuk juga arsip Ketua RT. Karena dengan adanya arsip, semua history  atau sejarah kegiatan-kegiatan, laporan-laporan dan dokumentasi akan dengan mudah ditemui. Laporan-laporan ini digunakan sebagai sumber referensi kegiatan organisasi di masa mendatang. Inspirasi dari masa lalu dan dikembangkan di masa mendatang dalam bentuk yang baru juga bukan sesuatu yang buruk.

Segala kegiatan RT biasanya akan diarsipkan, baik itu laporan-laporan, undangan-undangan, foto, ataupun lain-lain, yang mana arsip ini akan disimpan oleh Ketua RT atau pengurus RT yang lain. Arsip ini diperlukan sebagai sumber informasi dan referensi bagi Ketua RT ataupun warga RT yang akan datang bahwa pernah diakukan kegiatan-kagiatan seperti yang dilaporkan dalam arsip.

Arsip Ketua RT

Walaupun arsip ketua RT sangat penting, akan tetapi tidak semua Ketua RT mau dan mampu untuk menyimpan arsip RT. Arsip-arsip tersebut berbentuk surat-surat, foto dokumentasi, daftar pengurus, proposal, dan segala dokumen yang berhubungan dengan RT tersebut. Seiring berjalannya waktu, arsip menjadi menumpuk, arsip yang berupa kertas ataupun catatan-catatan akan termakan usia, dan lambat laun akan hilang. Hal ini sebenarnya tidak boleh terjadi, karena arsip harus tetap dirawat.

Perbedaan pengurus RT akan berbeda cara dalam merawat arsip, kecuali warga sudah memiliki aturan tertentu untuk pengolahan arsip seperti halnya arsip dalam penerbitan koran. Setiap pimpinan akan sangat memperhatikan kearsipan penerbitan.

Arsip Kentongan

Kearsipan RT mengenai laporan warga, informasi kegiatan yang sekaligus adalah arsip dari kegiatan tersebut, serta laporan tanda bahaya sudah dapat secara otomatis terarsip secara digital, tidak akan termakan usia ataupun hilang, tercuci, terbakar, ataupun kebanjiran. Dengan Kentongan secara otomatis arsip-arsip tersebut akan berpindah tangan apabila terjadi pergantian Ketua RT.

Arsip RT ini akan tetap aman, dan tanpa perlu tempat atupun ruangan penyimpanan, dapat diakses dengan mudah dari mana saja dan semuanya tercatat rapi sesuai urutan waktu. Begitu banyak kemudahan jika menggunakan aplikasi Kentongan. Ayo segera pasang Kentongan di smartphone Anda dan jangan sampai ketinggalan dengan RT lain, sudah ratusan RT yang menggunakan Kentongan.

~Cara Smart Bertetangga

 

 

Informasi terkait: