tetangga dekat dan tetangga jauh - aplikasi android gratis kentongan

Sumber Foto : bukitsoeryoresidence.blogspot.com

Tetangga adalah orang-orang yang tinggal di sekitar tempat tinggal kita, dan kita akan berinteraksi dengan mereka baik itu sering maupun jarang. Tetangga dekat akan lebih sering berinteraksi daripada tetangga jauh. Berikut ini adalah perbedaan antara tetangga dekat dan tetangga jauh.

Tetangga Dekat

Tetangga dekat adalah orang-orang yang tinggal berdekatan dengan rumah kita. Dekat disini berkisar antara 0 – 50 meter dari rumah kita. Tetangga-tetangga inilah yang mungkin sering merasa tertanggu oleh suara kendaraan kita, atau suara gaduh di rumah kita. Suara musik rumah kita yang terlalu keras, maupun karena air pancuran dari atap rumah kita saat hujan.

Tetangga dekat ini merupakan orang-orang pertama yang akan membantu kita dikala kita sedang mengalami musibah, seperti hal nya pencurian ataupun kebakaran. Dikala saudara kita serumah ada yang meningga dunia, maupun anak-anak kita yang baru lahir. Tetangga dekat akan membantu dan memberikan dukungan moral. Saat kita sedang sakit pun tetangga dekat adalah orang-orang yang paling awal menjenguk kita.

Baca Juga : Kentongan dimulai dari Yogyakarta

Untuk itu kita harus selalu berbuat baik dengan tetangga dekat, jauhkan sifat-sifat pemarah, dendam, iri, maupun dengki dengan tetangga. Dan jangan lupa untuk selalu menyapa mereka walau hanya dengan senyuman. Kehidupan lingkungan akan menjadi lebih indah.

Kita harus memperlakukan tetangga dekat seperti saudara kita sendiri, sehingga tidak akan tercipta retakan-retakan interaksi yang bisa menjadi sumber permasalahan sosial lain.

Tetangga Jauh

Tetangga jauh adalah mereka yang tinggal di sekitar tempat tinggal kita tetapi pada jarak yang lebih jauh, 100 – 1000 meter dari kediaman kita. Kita berinteraksi dnegan tetangga jauh tidak sesering berinteraksi dengan tetangga dekat. Tetangga dekat maupun jauh tetap harus kita hormati dan kita hargai. Tetangga jauh juga akan membantu kita dalam permasalahan-permasalahan yang lebih besar, misalnya membantu dukungan moral dan material disaat kita mengalami musibah seperti sakit atau kematian.

Tetangga jauh juga akan ikut serta membantu keamanan lingkungan kita, sehingga secara tidak langsung lingkungan tempat kita tinggal akan menjadi lebih aman. Tetangga jauh tidak kalah pentingnya dengan tetangga dekat, karena tetangga jauh juga akan menjaga nama baik reputasi kita ketika ada orang luar menanyakan tentang kita, memberi arahan ke arah mana tempat kita tinggal pada tamu atau saudara kita yang datang dari tempat jauh.

Baca Juga : Pentingnya Partisipasi Warga

Tetangga dekat dan tetangga jauh harus kita jada silaturahmi nya, agar tercipta hubungan yang harmonis di lingkungan tempat kita tinggal, baik dalam area yang sempit maupun yang luas. Sebisa mungkin gesekan-gesekan sosial untuk kita hindari dan kita solusikan. Jangan sampai menjadikan perpecahan di lingkungan.

Bagi ketua lingkungan atau Ketua RT juga perlu melakukan koordinasi dengan tetangga jauh atupun dekat. Koordinasi ini dapat lebih mudah dilakukan dengan Aplikasi Android dan iOS gratis Kentongan. Karena di wilayah perkotaan dan perumahan koordinasi tetangga perlu dilakukan dengan cara lebih canggih dan lebih cepat.

Informasi terkait: